kali ini kita akan membahas tentang unsur-unsur komunikasi yang mana masih menyangkut tentang bab pembahasan organisasi berjilid yang sudah saya tulis.
Karena berjilid maka bisa dibilang pembahasan kali ini masih menyambung dengan pembahasan organisasi yang saya sudah tulis sebelumnya.
Oleh sebab itu bagi anda yang baru saja bergabung dengan artikel ini, saya menyarankan untuk anda berkunjung terlebih dahulu ke link yang akan saya sediakan dibawah ini untuk menuju daftar isi pembahasan organisasi jilid 1, 2, dan 3.
Tujuannya barangkali anda ingin menambah wawasan mengenai organisasi atau jika anda memiliki tugas pelajaran tentang organisasi.
Link untuk menuju daftar isi pembahasan organisasi berjilid ada dibawah ini :
Apa saja yang termasuk dalam unsur-unsur komunikasi ?
berikut adalah sedikit penjelasan yang termasuk dalam unsur komunikasi :
1. Sumber
Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri.
Sumber dapat berupa :
- orang,
- lembaga,
- buku,
- dokumen.
2. Komunikator
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
- Penampilan
Khusus dalam komunikasi tatap muka atau yang menggunakan media pandang dengan audio visual, seorang komunikator harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan komunikan. - Penguasaan masalah
Seseorang yang tampil atau ditampilkan sebagai komunikator haruslah betul- betul menguasai masalahnya. Apabila tidak, maka setelah proses komunikasi berlangsung akan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap komunikator dan akhirnya terhadap pesan itu sendiri yang akan menghambat terhadap efektivitas komunikasi. - Penguasaan bahasa
Komunikator harus menguasai bahasa dengan baik. Bahasa ini adalah bahasa yang digunakan dan dapat dipahami oleh komunikan. Penguasaan bahasa akan sangat membantu menjelaskan pesan- pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada pendengar.
3. Pesan
Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan.
4. Channel/ Saluran
Channel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum dan media massa.
- Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala bentuk komunikasi.
contohnya radio dan sebagainya. - Media massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa.
misalnya televisi.
5. Komunikasi
Komunikasi dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu :
- personal,
- kelompok,
- massa.
6. Efek
Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai, maka komunikasi berhasil.
7. Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
- Empat tahap proses komunikasi menurut Cutlip dan Center, yaitu :
- pengumpulan fakta,
- Perencanaan,
- Komunikasi,
- Evaluasi.
- pengumpulan fakta,
- Prosedur mencapai effect yang dikehendaki menurut Wilbur Schraam, yaitu :
- Attention (perhatian),
- Interest (Kepentingan),
- Desire (Keinginan),
- Decision (Keputusan),
- Action (Tindakan).
- Attention (perhatian),
Dikembangkan dari :
- https://latansablog.wordpress.com/2011/11/24/pengertian-dan-unsur-unsur-komunikasi/
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Anda berkomentar jika anda mendukung blog ini agar terus maju.
----------------------------------------
| No SPAM, No Porn, No SARA |
----------------------------------------