Manajemen dan Tata Kerja, mengenai apa lagi ini? apakah sama dengan pembahasan sebelumnya tentang Manajemen dan Organisasi ?
jawabannya bisa "YA" bisa juga "TIDAK". Mengapa demikian?
karena kita belum membaca dan mempelajari tentang materi Manajemen dan Tata Kerja, oleh sebab itu mari di simak pembahasan kita pada kesempatan kali ini.
Tata Kerja. Apa itu tata kerja ?
Tata kerja, adalah cara bagaimana agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
- Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
- Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
- Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
selanjutnya, apakah ada hubungan manajemen dan tata kerja ?
tentu saja ADA. Apa sajakah itu?
Jika kita bahas pengertian masing-masing dari manajemen dan tata kerja pasti akan panjang, oleh sebab itu, saya akan merangkum sedikit pengertian 2 hal tersebut menurut pengertian saya pribadi dan akan saya hubungankan mengenai masing-masing pengertian dari manajemen dan tata kerja.
jadi, hubungan dari manajemen dan tata kerja adalah :
Manajemen, proses penggunaan material-material dan waktu yang ada agar dapat digunakan secara efisien dan efektif agar tujuan yang dirumuskan sebelumnya dapat tercapai.
Tata Kerja, adalah bagaimana CARA proses kegiatan tersebut dilaksanakan dengan material dan waktu yang ada.
dengan demikian kita dapat mengambil contoh sedikit tentang manajemen dan tata kerja seperti berikut:
contoh kecil jika kita memanajemen diri kita untuk memproduksi kue untuk dipasarkan, maka kita harus memperhatikan material dan waktunya.
Materialnya adalah : telur, gula, tepung terigu, air, dan sebagainya.
Waktunya adalah : target waktu lama kita produksi agar secepatnya dapat
dipasarkan kue tersebut.
ingat bahwa manajemen itu mempunyai tujuan, tujuan kita apa untuk memproduksi kue ini? agar mendapatkan laba dari penjualan kue kita ini, anggaplah begitu.
lalu tata kerja, bagaimana caranya?
untuk membuat kuenya kita harus meraciknya sedemikian rupa dengan target waktu yang telah kita tentukan agar manajemen kita berhasil, dalam arti kita berhasil memproduksi kue dengan cara yang efisien dan efektif lalu dipasarkan.
Materialnya adalah : telur, gula, tepung terigu, air, dan sebagainya.
Waktunya adalah : target waktu lama kita produksi agar secepatnya dapat
dipasarkan kue tersebut.
ingat bahwa manajemen itu mempunyai tujuan, tujuan kita apa untuk memproduksi kue ini? agar mendapatkan laba dari penjualan kue kita ini, anggaplah begitu.
lalu tata kerja, bagaimana caranya?
untuk membuat kuenya kita harus meraciknya sedemikian rupa dengan target waktu yang telah kita tentukan agar manajemen kita berhasil, dalam arti kita berhasil memproduksi kue dengan cara yang efisien dan efektif lalu dipasarkan.
Dikembangkan dari:
- http://kanissaputri.blogspot.com/2013/10/manajemen-dan-tata-kerja.html
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Anda berkomentar jika anda mendukung blog ini agar terus maju.
----------------------------------------
| No SPAM, No Porn, No SARA |
----------------------------------------