Karena mungkin para blogger ingin mengetahui lebih dalam dan lebih luas tentang organisasi, mudah-mudahan posting saya bisa membantu menjawab keinginan anda tersebut yah.
Ok Back to Topic, apa saja teori-teori yang ada dalam motivasi ? bagi syaa pribadi terdengar aneh karena motivasi juga terdapat teori didalamnya, karena menurut saya, motivasi itu semacam cambuk untuk lebih maksimal dalam melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan sebelumnya.
Teori motivasi dikelompokkan ke dalam tiga kelompok, yaitu :
- teori motivasi dengan pendekatan isi/kepuasan (content theory),
- teori motivasi dengan pendekatan proses (process theory),
- teori motivasi dengan pendekatan penguat (reinforcement theory).
Teori Motivasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :
Teori Hierarki Kebutuhan Maslow [Abraham Maslow (Mangkunegara, 2005)]
Mengemukakan bahwa hierarki kebutuhan manusia adalah sebagai berikut :
- Kebutuhan akan harga diri, yaitu kebutuhan untuk dihormati dan dihargai oleh orang lain.
- Kebutuhan rasa aman, yaitu kebutuhan akan perlindungan diri dari ancaman, bahaya, pertentangan, dan lingkungan hidup.
- Kebutuhan untuk rasa memiliki (sosial), yaitu kebutuhan untuk diterima oleh kelompok, berafiliasi, berinteraksi, dan kebutuhan untuk mencintai serta dicintai.
- Kebutuhan fisiologis, yaitu kebutuhan untuk makan, minum, perlindungan fisik, bernapas, seksual. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan tingkat terendah atau disebut pula sebagai kebutuhan yang paling dasar.
- Kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri, yaitu kebutuhan untuk menggunakan kemampuan, skill dan potensi. Kebutuhan untuk berpendapat dengan mengemukakan ide-ide, gagasan dan kritik terhadap sesuatu.
Teori Keadilan [Robbins (2007)]
Teori ini melihat perbandingan seseorang dengan orang lain sebagai referensi berdasarkan input dan juga hasil atau kontribusi masing-masing orang.
Teori X dan Y [Douglas McGregor]
Mengemukakan pandangan nyata mengenai manusia. Pandangan pertama pada dasarnya negative disebut teori X, dan yang kedua pada dasarnya positif disebut teori Y. McGregor menyimpulkan bahwa pandangan manajer mengenai sifat manusia didasarkan atas beberapa kelompok asumsi tertentu dan bahwa mereka cenderung membentuk perilaku mereka terhadap karyawan berdasarkan asumsi-asumsi tersebut.
Teori dua Faktor Herzberg [Frederick Herzberg]
Hubungan seorang individu dengan pekerjaan adalah mendasar dan bahwa sikap individu terhadap pekerjaan bisa sangat baik menentukan keberhasilan atau kegagalan. Herzberg memandang bahwa kepuasan kerja berasal dari keberadaan motivator intrinsik dan bawa ketidakpuasan kerja berasal dari ketidakberadaan faktor-faktor ekstrinsik. Faktor-faktor ekstrinsik (konteks pekerjaan) meliputi :
- Upah
- Kondisi kerja
- Keamanan kerja
- Status
- Prosedur perusahaan
- Mutu penyeliaan
- Mutu hubungan interpersonal antar sesama rekan kerja, atasan, dan bawahan
Teori Kebutuhan McClelland [David McClelland dan kawan-kawannya]
Teori ini berfokus pada tiga kebutuhan, yaitu:
- Kebutuhan pencapaian (need for achievement)
Dorongan untuk berprestasi dan mengungguli, mencapai standar-standar, dan berusaha keras untuk berhasil. - Kebutuhan akan kekuatan (need for pewer)
kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya. - Kebutuhan hubungan (need for affiliation)
Hasrat untuk hubungan antar pribadi yang ramah dan akrab.
Dikembangkan dari:
- http://tkampus.blogspot.com/2012/04/pengertian-motivasi-dan-teori-teori.html
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Anda berkomentar jika anda mendukung blog ini agar terus maju.
----------------------------------------
| No SPAM, No Porn, No SARA |
----------------------------------------