Materi ini masih menyangkut dan menyambung dari materi-materi yang sudah ada yang telah saya tulis artikelnya, dan bagi anda yang ingin mengetahui apa saja materi pembahasan organisasi yang saya tulis sebelumnya dapat menuju link yang akan saya sediakan dibawah.
Tujuannya untuk memperdalam pengetahuan para readers mengenai organisasi dan mungkin bermanfaat untuk anda sekalian, ok ini dia link untuk menuju pembahasan organisasi jilid 1, 2, dan 3 :
ciri-ciri pengembangan organisasi, apakah itu ?
semua anggota organisasi pasti ingin jika organisasi yang diikutinya berkembang dan terus berkembang dari sebelumnya karena dengan berkembangnya organisasi, mereka dapat mencapai dan semakin dekat dengan tujuan mereka dan juga tujuan dari organisasi tersebut.
Menurut Robbins (1984), usaha pengembangan organisasi pada umumnya diarahkan pada dua tujuan akhir, yaitu peningkatan keefektifan organisasi dan peningkatan kepuasan anggotanya.
Robbins merinci tujuan pengembangan organisasi sebagai berikut :
- Meningkatkan tingkat kepercayaan dan dukungan di antara anggota organisasi.
- Meningkatkan timbulnya konfrontasi terhadap masalah organisasi baik dalam
kelompok maupun antar-kelompok, sebagai kebalikan dari to sweeping problem
under the rug.
- Terciptanya lingkungan dimana otoritas peran yang ditetapkan ditingkatkan dengan
otoritas berdasarkan pengetahuan dan keterampilan.
- Meningkatkan keterbukaan komunikasi secara horisontal, vertikal dan diagonal.
- Menaikkan tingkat antusiasme dan kepuasan personal dalam organisasi.
- Menemukan solusi yang sinergis terhadap masalah.
- Menaikkan tingkat responsibilitas diri dan kelompok dalam perencanaan dan implementasi.
Ciri – ciri Pengembangan Organisasi.
Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
- Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi.
- Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
- Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
- Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
- Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.berbagai satuan kerja
- Sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
Dikembangkan dari :
- http://earthlovesun.blogspot.com/2011/12/ciri-ciri-pengembangan-organisasi-dan.html
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Anda berkomentar jika anda mendukung blog ini agar terus maju.
----------------------------------------
| No SPAM, No Porn, No SARA |
----------------------------------------